Jumat, 08 April 2011

ALARM GSM PLUS GPS TRACKING

CARA KERJA ALAT
Setelah socket/konektor kabel dihubungkan yang berarti sistem telah di-ON-kan, MCU didalamnya pertama-tama akan Inisialisasi sistem yakni Setting PORT, menyalakan GSM modul, setting nomor tujuan yang nanti akan dikirimi informasi dan membersihkan isi memory SMS pada GSM modul.
Selesai inisialisasi, MCU mengirimkan SMS dan MISSCALL  ke nomor tujuan dengan username Host1, hal ini menandakan sistem alarm telah siap/operasional dengan baik. Selanjutnya MCU akan secara terus menerus mengecek kondisi kabel warna Hijau dan Biru, serta Indikator GSM modul yang menandakan adanya SMS masuk atau adanya CALL dari user. 
Jika pada kabel hijau terjadi perubahan kondisi yakni dari terhubung ke GND(body mobil) ke open/lepas dari GND(body mobil) atau dari kondisi open/lepas dari GND(body mobil) ke terhubung ke GND(body mobil), MCU akan mengirmkan SMS dan MISSCALL ke username yang aktif. Setting awal akan menghubungi nomor dengan username HOST1. Kondisi tersebut terjadi pada saat buka tutup pintu mobil.
Jika pada kabel biru mendapat tegangan 12V dari ACC, MCU akan melakukan pembacaan data dari GPS setiap 5 menit dan mengirimkannya ke WEB jika ada, jika tidk ada akan mengirimkannya ke nomor dengan Username HOST5 dengan selang waktu 15menit dalam bentuk SMS. Jika kabel biru tersebut tdk lagi mendapat tegangan 12V yakni ACC putus, MCU akan menghentikan pembacaan isi GPS maupun pengirimannya. Kondisi ini adalah pada saat stop kontak dinyalakan atau dimatikan.
Jika dari jalur  GSM modul terjadi signal yang menandakan adanya SMS masuk, MCU akan membaca isi SMS tersebut kemudian mengecek asal SMS tersebut. Jika berasal dari Username yang terdaftar, MCU akan membaca isinya. Jika berasal bukan dari username yang telah terdaftar, MCU langsung menghapusnya tanpa membaca isi SMS tersebut. Selanjutnya apabila SMS tersebut berasal dari username yang telah terdaftar, MCU akan membaca SMS tersebut kemudian mencocokan dengan daftar SMS untuk kontrol. Jika cocok dengan salah satu SMS command kontrol, maka MCU akan melakukan command tersebut. Silahkan lihat di COMMAND SMS UNTUK KONTROL. Selesai melaksanakan command SMS tersebut, kemudian MCU menghapus SMS dari memori GSM modul.
Jadi sistem Alarm ini akan mengirimkan data GPS, jika ACC on atau secara manual menerima SMS dengan isi CHJ-401 GPSON1, CHJ-401 GPSON2, CHJ-401 GPSON3, CHJ-401 GPSON4.
Jika dari jalur GSM modul terjadi signal yang menandakan adanya CALL dari user, MCU akan mengaktifkan relay pada kabel warna kuning. Relay ini akan mengunci pintu mobil jika dihubungkan ke central lock, atau akan membunyikan sirene jika dihubungkan ke sirene. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar